Mahasiswa Kanada Ciptakan Mobil 1.059 km/liter

KELOMPOK mahasiswa dari Laval University Quebec, Kanada berhasil mencetak konsumsi bahan bakar 1.059 km/liter dengan mobil NTF 4.0 sepekan lalu dalam acara Shell Eco-Marathon Americas 2010 di Houston, Texas.
Berkat desain ramping dan sangat ringan pada NTF 4.0, tim ini berhak mendapatkan hadiah utama sebesar US$5.000.

NTF 4.0 bukan satu-satunya kendaraan yang memiliki efisiensi mengesankan.
Shell Eco-Marathon Americas 2010 diikuti oleh 42 tim yang mewakili 9 sekolah setara SMA dan 28 universitas dari seantero Amerika ditambah satu tim dari Italia.

Kendaraan boleh menggunakan energi konvensional dan energi lain yang tersedia.
Tahun ini sebanyak 47 kendaraan peserta menggunakan mesin berbagai sumber tenaga, diantaranya pembakaran konvensional, hidrogen/teknologi fuel cell, tenaga matahari dan mesin diesel.

Tujuan kontes ini hanya menilai kendaraan mana yang dapat menempuh jarak terjauh dan paling sedikit menggunakan energi di tengah kota Houston.

Ini merupakan kemenangan kedua kalinya bagi Tim dari Laval secara berturut-turut di kategori purwarupa (prototype).
Bahkan pada tahun lalu, tim ini berhasl mencatatkan angka yang lebih menakjubkan yaitu 1.173,8 km/liter.

Kategori lainnya adalah UrbanConcept di mana desain kendaraan harus bisa diterapkan pada kondisi sehari-hari di dunia nyata.
Untuk kategori ini tim dari SMA Mater Dei dari Indiana berhasil menyabet hadiah utama sebesar US$5.000 untuk rekor 186,13 km/liter menggunakan mobil bermesin pembakaran yang diberi nama George.
Ini pun merupakan kemenangan kedua bagi Mater Dei.

Hadiah juga diberikan dalam bidang lain seperti konstruksi ekologi ramah lingkungan, keselamatan dan inovasi teknis.

"Ini jelas membuktikan bahwa kita tidak terlalu muda untuk memulai membuat terobosan energi dan efisiensi," ujar manajer proyek global Shell Eco-Marathon Americas Mark Singer.

Sebagai acuan, pemegang gelar kendaraan paling efisien di dunia saat ini adalah mobil bertenaga hidrogen ETH Zurich PAC-Car II pada tahun 2005 dengan rekor yang berhasil dibukukan dengan angka fantastis 5.392,56 km/liter.

Sumber : www.mediaindonesia.com

You can leave a response, or trackback from your own site.
Powered by Blogger